Fresh Income

Kuliah Pengantar Teknologi Informasi dan Praktikumnya

Kuliah Pengantar Teknologi Informasi dan Praktikumnya

Salah satu matakuliah jurusan yang ada di jurusan sistem informasi ITS adalah PTI atau pengantar teknologi informasi. Matakuliah ini adalah matakuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa semester pertama. Setiap mahasiswa diwajibkan untuk mendapatkan nilai minimal C pada matakuliah ini. Matakuliah PTI memang terkesan sangat mudah, namun dengan banyaknya materi tidak heran jika kemudian matakulian ini yang justru membuat IP mahasiswa anjlok. Dengan mengusung 4 sks, tak heran jika PTI memang berperan penting dalam mendongkrak IP. Di ITS semester awal adalah semester yang sangat menentukan. Banyak mahasiswa yang akhirnya terdepak keluar lantaran IP nya tidak memenuhi standar yang ditetapkan oleh ITS.
Pada perkuliahan PTI ini, awalnya, mahasiswa hanya mendengar ‘wejangan’ dari Bapak Khakim selaku dosen matakuliah ini. Tapi setelah dirasa tidak efektif, akhirnya dosen tersebut meminta untuk sistem perkuliahannya diubah. Setiap minggu ada sekelompok mahasiswa yang berpresentasi ria. Kelompok itu berganti-ganti setiap minggunya. Dengan menggunakan metode ini, setidaknya dosen tidak perlu capek menerangkan materi panjang lebar, semua sudah diserahkan ke mahasiswa. Jadi dosen hanya duduk dan mendengarkan mahasiswa yang presentasi. Kekurangan dari metode ini adalah tidak lengkapnya materi yang disampaikan. Hal itu wajar karena mahasiswa belum sepenuhnya memahami tentang materi yang harus disampaikannya. Dalam perkuliahan ini terdapat empat belas bab yang harus dibahas. Jadi dalam satu kelas dibagi menjadi empa belas kelompok presentasi. Matakuliah PTI ini sering ditiadakan, bukannya tanpa alasan, mengingat dosen yang juga merangkap sebagai pembantu dekan II di fakultas teknologi informasi ITS. Sebenarnya matakuliah ini mempunyai jumlah sks sebanyak 4, tetapi 1 sks digunakan untuk praktikum. Aneh memang, praktikum memang 1 sks, tapi kegiatan ini menyedot tenaga. Beralih ke praktikum.
Praktikum di jurusan Sistem Informasi tidak sepadat jurusan lain memang, tapi kegiatannya benar-benar melelahkan. Jadi heran, bagaimana jurusan lainnya?! Pada awal praktikum, seperti biasa, awal adalah rajin. Itulah kebiasaan orang Indonesia pada umumnya. Praktikum pertama dilakukan di laboratorium pemrograman di lantai 2,



yang kebetulan tutornya adalah saya sendiri. Praktikum saya memang cukup mudah, membahas Microsoft word dan powerpoint. Kelompok saya terdiri dari orang-orang yang aneh, Yera (yeyek), dan Pramono (monox). Pertama, Yera yang dengan muka tak bersalahnya melakukan praktiku. Kedua, monox dengan jakun besarnya yang mampu dengan lancar menyanyikan lagu Agnes monica. Kombinasi dua orang yang aneh. Akhirnya praktikum pertama bejalan dengan lancar, dengan diselingi beberapa pertanyaan yang juga aneh dari beberapa praktikan yang berjudul uzlina, ainan, uki.
Praktikum kedua, Microsoft excel, pengalaman praktikum sudah didapat di praktikum pertama. Pada praktikum kedua, keadaan sudah mulai mencair dan meluber ke segala arah. Artinya, praktikan sudah mulai berani melakukan aksinya, ramai. Praktikum ini sebenarnya juga sama mudahnya seperti praktikum sebelumnya, namun yang membuat praktikum yang mudah terlihat susah adalah suasana ruangan yang panas, mungkin karena AC tidak berfungsi baik. Praktikum ketiga, visio dan publisher yang secara keseluruhan tidak ada yang special di praktikum kali ini. Praktikum keempat, Microsoft access. Praktikum kelima, dreamweaver, ini yang spesial, praktikum kali ini sudah menempati laboratorium yang baru. Lebih adem dan lega. Praktikum keenam, macromedia flash. Praktikum ketujuh, corel draw. Pada praktikum ketujuh yang juga merupakan praktikum terakhir ini memang terasa beda. Para tutor menyampaikan materi dengan sangat jelas. Suasana ruangan pun sangat tenang. Pada akhir praktikum terdapat sesi ‘pamit’ dari para asisten dan juga dari praktikan ke asisten.

Read More......

OPEN SOURCE | Pengertian dan Pengembangan

Open Source | adalah sebuah sistem atau secara gamblangnya adalah software yang dapat dikembangkan sendiri. Dengan menggunakan opensource kita tidak akan terikat seperti jika kita menggunakan software biasa. kita tidak perlu membeli license/lisensi dari suatu software tertentu yang harganya sangat mahal untuk ukuran orang Indonesia. Seperti yang sedang marak-maraknya dilakukan saat ini di daerah jember, kota yang mengalami perkembangan teknologi yang sangat pesat ini, sekarang sudah perlahan meninggalkan windows, masyarakatnya sudah mulai membiasakan diri dengan linux. Organisasi yang mempelopori adalah Jerux, Jember Linux.
Hal yang sama sebenarnya dapat kita lakukan. dengan menggunakan linux, yang notabene adalah opensource, kita tidak perlu membeli lisensi. kita dapat mendownload nya secara gratis di internet, dan peredarannya tentu legal. dari Penjelasan ini dapat kita simpulkan bahwa pengertian dari Open source software adalah istilah yang digunakan untuk software yang membuka/membebaskan source codenya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada software tersebut.
Keberadaan open source software ini sangat ditunjang oleh internet. Mula-mula Open source software diambil dari internet kemudian digunakan oleh orang dan diperbaiki apabila ada kesalahan. Hasil perbaikan dari open source ini kemudian dipublikasikan kembali melalui internet yang memungkinkan orang lain menggunakan dan memperbaikinya. Dan begitulah seterusnya. Saat ini sangat mudah mendapatkan open source software di internet.Pengembangan open source software melibatkan banyak orang dari berbagai penjuru dunia yang berinteraksi melalui internet. Maka bermunculanlah berbagai macam software yang dibuat berbasis open source ini yang dipublikasikan melalui internet. Pola open source ini telah melahirkan developer-developer handal dari berbagai penjuru dunia.


Dengan pola open source kita dapat membuat dan mengembangkan apa yang disebut dengan free software. Software ini dapat digunakan tanpa perlu membayar lisensi atau hak cipta karena memang dikembangkan dengan pola open source. Jadi, dengan pola open source orang dapat mengembangkan software dan mempublikasikannya dengan bebas melalui internet. Maka tidak heran apabila kita akan banyak menemukan free software ini di internet dan bisa secara bebas mendownloadnya tanpa perlu membayar uang sepeser pun kepada pengembang software tersebut.

Free software disini juga bukan program kacangan. Anggapan bahwa barang yang gratis jelek kualitasnya tidak berlaku buat free software. Karena sudah terbukti kehandalannya. Dan karena free software berbasis open source maka software tersebut sudah melalui proses perbaikan yang terus menerus. Jadi tidak ada alasan tidak mau menggunakan free software ini dengan alasan kualitasnya yang tidak baik.

Dengan karakteristik yang telah disebutkan di atas maka tidak salah apabila kita menaruh harapan pada open source ini sebagai platform alternatif yang bisa kita gunakan dalam komputer kita. Penerapan pola open source di Indonesia juga dapat menghilangkan pemakaian software komersial secara ilegal dan memungkinkan bangsa Indonesia dikenal karya ciptanya dengan ikut mengembangkan open source software.

Read More......

Teknologi WEB | 1, 2, 3

Teknologi Web Dunia internet seolah telah menyatu dengan kehidupan kita, sebagai masyarakat modern tentunya. Aktivitas sehari-hari tidak luput dari pekerjaan yang berhubungan dengan internet. sejak awal internet masuk ke indonesia, perkembangannya memang sudah pesat. Tidak dapat dipungkiri, internet memang membawa dampak positif yang sangat bermanfaat bagi kehidupaan manusia. Manusia mengembangkan internet dalam berbagai bidang. Email merupakan yang paling sering dilakukan, di samping browsing, chatting/video conference, sampai aktivitas forex.

Di internet kita mengenal yang namanya web. Web pada dasarnya adalah kumpulan hyperlink yang mengaitkan suatu link/alamat ke link lainnya dengan bahasa html (hypertext markup language).

Dalam pengaplikasian web HTML tidak mungkin sendiri dalam membuat suatu desain yang benar-benar bagus. Oleh karena itu HTML selalu ditemani oleh CSS (Cascading Style Sheet) untuk mempercantik desain, JavaScript untuk membuat tampilan yang dinamis, dan XML (eXtensible Markup Language) yang digunakan untuk mendefinisikan format data . Teknologi penggabungan dari JavaScript dan XML saat ini yang marak disebut dengan AJAX (Asynchorous JavaScript And XML) yang menekankan pada pengelolaan content dalam website.
Perkembangan Web 1.0
Web 1.0 . Awal mula website berdiri dimulai dari konsep ini, dimana suatu website masih mengandalkan halaman statis dari tag-tag HTML yang hanya digunakan untuk memajang informasi-informasi dimana satu halaman terdiri dari satu informsi saja . konsep seperti ini disebut dengan read only.
Perkembangan Web 2.0

Inovasi dalam dunia web semakin hari kian mengalami perkembangan yang berarti, ini dibuktikan dengan adanya Teknologi Web 2.0 yang dikembangkan sekitar tahun 2004. Walaupun sudah termasuk lama kedengarannya oleh para praktisi web, namum sebagian besar mereka masih bertanya-tanya tentang fungsi dan kegunaannya. Web 2.0 merupakan teknologi web yang menyatukan teknologi-teknologi yang dimiliki dalam membangun web. Penyatuan tersebut merupakan gabungan dari HTML, CSS, JavaScript, XML, dan tentunya AJAX.

Perkembangan web 2.0 lebih menekankan pada perubahan cara berpikir dalam menyajikan konten dan tampilan di dalam sebuah website. Dalam perkembangannya Web 2.0 diaplikasikan sebagai bentuk penyajian halaman web yang bersifat sebagai program desktop pada umumnya seperti Windows. Fungsi-fungsi pada penerapannya sudah bersifat seperti desktop, seperti drag and drop, auto-complete, serta fungsi lainnya. Aplikasi Web 2.0 disajikan secara penuh dalam suatu web browser tanpa membutuhkan teknologi perangkat yang canggih dari sisi user. Tidak mengherankan bila suatu aplikasi (software) dapat diakses secara online tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu. Software tersebut misalnya software pengolah kata (seperti MS Word) atau software pengolah angka (seperti MS Excel).

Teknologi ke depan suatu software berbasisi web tidak lagi dijual melainkan suatu fasilitas gratis yang dapat digunakan setiap waktu. Permasalahan manajemen file juga tidak merepotkan, bahkan file dapat disimpan dan juga dapat di-sharing dengan user lain. Implementasi dari teknologi Web 2.0 dapat dilihat pada aplikasi sprearsheet pada Google yang merupakan aplikasi untuk operasi mengolah angka seperti MS Excel. Aplikasi ini dapat dilihat pada http://spreadsheets.google.com/ , tentunya aplikasi tersebut membutuhkan suatu akun Google untuk memasukinya.Kemudahan berinteraksi antara user dengan sistem merupakan tujuan dibangunnya teknologi Web 2.0. Interaksi tersebut tentunya haruslah diimbangi dengan kecepatan untuk mengakses, oleh karena itu diperlukan suatu bandwith yang cukup untuk loading data. Loading data tersebut dilakukan saat pertama kali membuka situs, data-data tersebut antara lain CSS, JavaScript, dan XML. Salah satu karakteristiknya adalah adanya dukungan pada pemrograman yang sederhana dan ide akan web service atau RSS. Ketersediaan RSS akan menciptakan kemudahan untuk di-remix oleh website lain dengan menggunakan tampilannya masing-masing dan dukungan pemrograman yang sederhana. Adanya kemajuan inovasi pada antar-muka di sisi pengguna merupakan karakter dari Web 2.0. Dukungan AJAX yang menggabungkan HTML, CSS, Javascript, dan XML pada Yahoo!Mail Beta dan Gmail membuat pengguna merasakan nilai lebih dari sekedar situs penyedia e-mail. Kombinasi media komunikasi seperti Instant Messenger (IM) dan Voice over IP (VoIP) akan semakin memperkuat karakter Web 2.0 di dalam situs tersebut.


Perkembangan Web 3.0
Web 3.0 merupakan sebuah realisasi dari pengembangan sistem kecerdasan buatan (artificial intelegence) untuk menciptakan global meta data yang dapat dimengerti oleh sistem, sehingga sistem dapat mengartikan kembali data tersebut kepada pengunjung dengan baik. Konsep ini dapat diandaikan sebuah website sebagai sebuah intelektualitas buatan (Artificial Intelegence). Aplikasi – aplikasi online dalam website dapat saling berinteraksi. Kemampuan interaksi ini dimulai dengan adanya web service. Teknologi yang ada digunakan adalah SOAP (Simple Object Access Protocol), REST (representational state transfer atau transfer keadaan representasi), WSDL, WDDX (Web Distributed Data eXchange).
jadi dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa,
web 1.0 pengguna diharuskan pergi ke situs tertentu dan mencari konten yang diinginkan.
web2.0 pengguna tidak lagi diharuskan pergi ke situs tertentu untukmencari konten, pada web 2.0, drag and drop, auto complete, chat, voice dapat dilakukan layaknya aplikasi desktop.

web 3.0 pengguna dapat menemukan konten yang dicari hanya dari sebuah website.

Read More......

Perbedaan Sistem Informasi dengan Jurusan Lain

Perbedaan jurusan sistem informasi dengan jurusan komputer lain | jurusan sistem informasi adalah jurusan yang masih termasuk dalam kategori ilmu komputer. Dalam sistem informasi kita diajarkan mengenai komputer / pemrograman dan manajemen. tak heran jika kemudian di dalam mata kuliah jurusan sistem informasi terdapat yang namanya Supply Chain Management, Sistem Basis Data, Sistem Operasi, dan lain-lain. di jurusan Sistem Informasi ini kita dimaksudkan untuk menjadi seorang manajer TI yang handal. Jurusan Sistem Informasi yang banyak disorot di Indonesia di antaranya Binus, ITS, dan Stikom. Di ITS, pengadaan jurusan sistem informasi Sistem Informasi FTIF ini disyahkan secara formal berdasarkan Surat Keputusan Rektor ITS No. 1155.1/K03/PP/2001, tanggal 14 Juni 2001.

Adaptasi dan kurikulum yang ada di indonesia di antaranya

1. Computer Science (CS) untuk program studi (jurusan) Teknik Informatika atau Ilmu Komputer

2. Computer Engineering untuk program studi (jurusan) Sistem Komputer atau Teknik Komputer

3. Information Systems untuk Sistem Informasi atau Manajemen Informatika

Deskripsi mengenai beberapa jurusan dalam rumpun komputer adalah sebagai berikut:


- Computer Engineering (CE) mempelajari antara lain tentang bagaimana mendisain dan merancang konstruksi komputer dan sistem berbasis computer yang baik. Ilmu yang terlibat adalah tentang hardware, software, komunikasi dan tentu saja memahami
proses interaksi antar bagian tersebut.


- Computer Science (CS) mempelajari antara lain tentang bagaimana mengembangkan robotik, computer vision, intelligence system, bio-informatika, dan hal-hal lainnya yang terkait dengan pengembangan komputer kedepannya. Untuk itu, ilmuwan komputer ini harus memelajari berbagai hal secara teoritis hingga dasar-dasar algoritma dan mengetahui cara mengimplementasikannya.



- Information Systems (IS) mempelajari antara lain tentang bagaimana membangun dan mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan prosesbisnis yang ada, sehingga suatu institusi bisnis akan dapat mencapaitujuannya dengan efektif dan efisien

- Information Technology (IT) mempelajari antara lain tentang bagaimana sebuah sistem informasi di sebuah institusi sudah tepat keberadaannya, berfungsi sesuai harapan, mudah dalam pengaturan operasional, serta aman.

Selain itu aspek non-teknis semisal memahami kebutuhan dari pengguna akhir, menterjemahkan kebutuhan manajemen, dan hal-hal praktis lainnya juga dipelajari.

- Software Engineering (SE) mempelajari antara lain tentang bagaimana merancang-bangun dan memelihara
sebuah sistem software yang reliabel,efisien, efektif serta mudah dikembangkan dan dapat memenuhi kebutuhan dari kustomer atau pengguna.

Semua jurusan (program studi) sebenarnya memiliki mata kuliah yang boleh dikatakan sama, hanya pembobotannya berbeda. Bobot inilah yang nantinyamenentukan jalur karier dan bidang kerja lulusan. Kompetensi lulusan setiap jurusan biasanya di desain seperti di bawah:

1. Computer Engineering (CE) (Jurusan Sistem Komputer atau Teknik Komputer) diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mendesain dan mengimplementasikan sistem yang terintegrasi baik software maupun hardware

2. Computer Science (CS) (Jurusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer) diharapkan menghasilkan lulusan dengan kemampuan yang cukup luas dimulai dari penguasaan teori (konsep) dan pengembangan software.

3. Information System (IS) (Jurusan Sistem Informasi atau Manajemen Informatika) diharapkan menghasilkan lulusan yag mampu menganalisa

kebutuhan (requirement) dan proses bisnis (business process), serta mendesain sistem berdasarkan tujuan dari organisasi

4. Information Technology (IT) diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu bekerja secara efektif dalam merencanakan, mengimplementasikan, mengkonfigurasi dan memaintain infrastruktur teknologi informasi dalam organisasi.

5. Software Engineering (SE) diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mengelola aktifitas pengembangan software berskala besar dalam tiap tahapannya (software development life cycle).

Computing Curricula membuat suatu komparasi umum dan pembobotan mata kuliah tiap jurusan dengan visualisasi grafis seperti di bawah. Sumbu horizontal menggambarkan arah pengembangan (apakah lebih teoritis atau lebih praktis), sedangkan sumbu vertikal menggambarkan topik dan desain mata kuliah yang diajarkan. Pembobotan ditandai dengan warna abu-abu tua pada visualisasi gambar.

Read More......

Google Chrome | Browser Keluaran Google



Google Chrome | adalah sebuah browser yang dikeluarkan oleh google. Google merilis bowser ini pada 1 september silam. pada hari pertama peluncuran, ratusan ribu orang mendownload google chrome ini, entah sudah tahu dengan google chrome atau hanya sekedar ingin mencoba bagaimana google chrome itu. sebenarnya scara umum Google Chrome sama dengan browser-browser pada umumnya seperti firefox keluaran mozilla, opera, dan IE. namun perbedaan yang begitu mencolok pada google chrome adalah tampilannya yang tidak biasa.
terlihat pada google chrome dengan tampilan yang sangat simple. tombol-tombol pada google chrome lebih user friendly. yang jelas google chrome lebih mudah untuk digunakan. pada sebelah kiri kolom address saja hanya terdapat empat tombol yang memang dianggap paling sering digunakan pada aktivitas browsing, yakni back, next, refresh, dan favourites. menu drop-down seperti file,edit,tools,view, dll yang biasanya kita lihat pada kebanyakan browser sudah tidak ditemukan lagi di chrome. bisa dibilang chrome adalah browser paling simple saat ini. yang unik lagi adalah, google chrome juga mendukung bahasa Indonesia, banyak bahasa yang sudah didukung oleh chrome pada saat pertama kali peluncurannya, dan pada pengembangannya bukan tidak mungkin jika google menambah jumlah bahasa yang mendukung untuk memperlancar pengguna yang kurang begitu baik dalam bahasa Inggris untuk menggunakannya. halaman pertamanya juga menampilkan gambar ber-link berbentuk thumbnail yang merupakan gambar situs yang sering kita kunjungi. tampilan yang minimalis ini memang identik dengan google, lebih jelasnya adalah ciri khas google dan produknya yang lain. meskipun banyak keunggulan yang disajikan google chrome, tidak aneh juga jika browser ini juga memiliki kekurangan, hal ini juga menjadi maklum mengingat ini adalah browser yang sangat baru. kekurangan-kekurangannya adalah beberapa situs tidak bisa dibuka karena belum mengenali browser, dan belum adanya versi yang linux. jadi intinya, google chrome mengikuti ciri khas google, yakni simple, bersih, mudah, user friendly, dan cepat. jadi menurut saya pribadi, nilai overall google chrome adalah 3,4 dari angka sempurna 4. benar-benar ancaman bagi IE yang sudah lama 'tidur', dan si rubah api yang selama ini banyak dipakai.
pindah ke chrome ahh...

Read More......